Dibuka Jokowi, Pj Wali Kota Lhokseumawe Ikut Rakernas XVII APEKSI

Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, A Hanan, bersama Pj Wali Kota lain berpose bersama saat mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 1-6 Juni 2024.

METROPOST.ID-Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, A Hanan, memimpin delegasi Lhokseumawe dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 1-6 Juni 2024.

Acara yang dihadiri oleh para Wali Kota dari seluruh Indonesia ini mengusung tema ‘Kota Sejahtera, Indonesia Maju” dan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Selasa (4/6).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan keinginannya agar semua kota di Indonesia nyaman dihuni. Hal ini didasari karena 80 persen penduduk dunia diprediksi akan berada di perkotaan pada tahun 2050 sehingga beban kota ke depan akan semakin berat.

“Kita tidak ingin itu terjadi di Indonesia. Kita ingin semua kota di Indonesia nyaman dihuni, livable, loveable, atau orang senang berkunjung dan kembali ke kota itu. Bahkan orang yang ada di kota, memberikan pelayanan publik yang baik dan mencintai kotanya,” kata Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Pj Wali Kota A. Hanan menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar kota untuk memajukan pembangunan di Indonesia.

“Rakernas Apeksi ini menjadi momen penting bagi kita para Wali Kota untuk saling bertukar ide dan pengalaman dalam mendorong kemajuan daerah masing-masing,” ujar A. Hanan.

Hanan juga menyampaikan komitmennya untuk menjadikan Kota Lhokseumawe sebagai kota yang maju dan modern. Ia bertekad untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjadikan Lhokseumawe sebagai kota yang nyaman dan aman.

“Lhokseumawe memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Pemko Lhokseumawe berkomitmen untuk terus berinovasi dengan bekerjasama dan saling berbagi praktik-praktik baik pembangunan dengan kota-kota lain di Indonesia,”ucap A. Hanan.

Selain itu, Pj Wali Kota Lhokseumawe berharap supaya hasil keputusan Rakernas APEKSI ini dapat menjadi masukan yang berharga khususnya bagi pemerintah pusat dalam menetapkan kebijakan-kebijakan yang dapat mendukung percepatan pembangunan di daerah, termasuk Kota Lhokseumawe.

Rangkaian agenda Rakernas APEKSI XVII dimulai dengan dengan Youth City Changer, Gala Dinner, Indonesia City Expo 2024, ICE Business Forum, Karnaval Budaya Nusantara, hingga senam bersama dan penanaman pohon di Area BSCC Dome. (mp/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here