Mahasiswa KKN 214 Sosialisasi 3 M untuk Masyarakat di Gampong Tangguh

METROPOST.ID– Mahasiswa KKN Kelompok 214 Unimal melakukan sosialiasi dan kampanye 3 M di Gampong Tangguh Covid-19 Kota Lhokseumawe. Yakni Gampong Blang Poroh, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, yang dikenal sebagai Gampong Tangguh Covid-19.

Dalam masa pandemi virus corona, masyarakat setidaknya sudah paham dan sadar akan pentingnya perilaku 3M, Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan Pakai Sabun. Apalagi, memakai masker dapat menjadi salah satu cara yang efektif dalam mencegah penyebaran virus.

‚ÄúPenularan virus bisa melalui droplet yang keluar dari mulut atau hidung seseorang yang sudah terinfeksi, pada saat bersin atau batuk pun droplet dapat terhirup dan menempel pada suatu benda maupun permukaan,”ucap Filda Elvira Slian Mahasiswa KKN Kelompok 214 Unimal ini.

Oleh sebab itu, kata dia, penggunaan masker menjadi sangat penting, terlebih jika ingin berpergian keluar rumah, masker dapat menghalau droplet yang keluar saat berbicara, bersin, maupun batuk.

Filda Elvira Slian bersama rekannya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Blang Poroh, yakni Indah Atika, Endah Arianti, Nia Rahmadani, Mutia Afrina, Nadia Arisya Br Sembiring, dan Tasya Amalia dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sedangkan, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Husni,S.H.,M.H.

Sebut Filda, selain sosialisasi 3 M itu pihaknya bersama Keuchik Blang Poroh, Abdullah Z serta Kepala Dusun Bustami ikut membagikan 300 masker kepada masyarakat dan 123 botol sabun cuci tangan.

“Jadi dengan adanya pembagian masker dan sabun cuci tangan ini, masyarakat akan sadar untuk tetap memakai masker saat keluar rumah dan mencuci tangan sebagai kebiasaan baru dalam masa pandemi Covid-19,”ucapnya, dilansir harianrakyataceh.

Keuchik Blang Poroh, Abdullah Z, mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada mahasiswa Unimal yang melaksanakan KKN di Blang Poroh. Apalagi, kehadiran mereka ikut melakukan sosialisasi pencegahan dan penularan virus serta tentang protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa dan mahasiswi terhadap pembuatan sabun cuci tangan serta membagikan masker kepada masyarakat,”ujarnya, seraya menambahkkan, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Gampong Blang Poroh. Ia juga berharap ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk terus mencuci tangan dan menggunakan masker sebagai langkah pencegahan virus Covid-19. (mp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here